Senin, 25 Februari 2013

Kegiatan dengan Museum


Museum sebagai sebuah lembaga studi warisan udaya dan pusat informasi edukatif kultrual dan rekreatif dan mempunyai kewajiban menyelamatkan melestarikan benda-benda warisan budaya bangsa indonesia. Karena semua di indonesia itu sudah banyak dan berbagai museum ada namun sayang jarang sekali atau bahkan tak ada orang yang berkunjung ke museum itu.
Menurut teman-teman atau kakak kakak di kampus STIA “AAN” ini mempunyai banyak museum benteng Vredeburg, museum wayang, museum biologi, museum jogja kembali,museum dirgantara, museum angkatan udara yang berada di jalan imogiri barat, museum kereta api ambarawa, museum kereta kencana, dan lain-lain masih banyak tak bisa disebutkan semuanya.
Menurut kakak kita yang cantik semester 5 yang bernama kak rafika tentunya kalian kenal kan heheeee menurut kak rafika museum di indonesia itu sangat banyak, contonya di daerah jogja saja ya ada museum Vrendeburg, museum wayang,  museum biologi, museum jogja kembali, dirgantara, museum angkatan udara yang berada di jalan imogiri barat dll.
Menurut adik kelas kita yang bernama Amsaina semester 1 menurutnya museum di indonesia banyak tetapi dalam 1 tahun adik kelas kita ini mengunjungi museum Cuma 1x tetapi pengetahuan tentang nama nama museum yang ada itu sangat banyak seperti museum Vrendeburg, museum wayang,  museum biologi, museum jogja kembali, dirgantara, museum kereta api ambarawa, museum kereta kencana, IPTEK di daerah bandung, museum jendral sudirman, dll. Saran saran yang dilontarkan untuk menambah minat pengunjung museum menambah  dengan cara dipromosikan seperti kita harus bisa bersosialisasi ke masyarakat, mengadakan seminar, mengadakan bakti sosial, dan jangan lupa di dalam museum itu perawatan dan suasananya harus dijaga baik.
Menurut kak singgih  dan kak galuh mempunyai pendapat bahwa museum di indonesia memiliki ratusan bahkan ribuan museum. Menurut kak galuh setiap bulannya berkunjung ke museum karena untuk menambah ilmu dan wawasan tentang museum sedangkan kak singgih hanya dua kali dalam setahunnya . Saran yang diberikan oleh kak-kaknya melakukan perbaikan, pengolahanya agar banyak yang berminat untuk mengunjungi museum dan memberikan inovasi kepada masyarakat seperti menyediakan tempat bebas merokok dan menyediakan tempat pemutaran film supaya masyarakat lebih tertarik berkunjung dan tidak monoton tentang museum.
Di indonesia ini museum sudah banyak sekali sehingga tidak perlu lagi dibangun karena kurang pengunjung yang berminat ke museum-museum yang perlu di jaga, dilestarikan dan supaya menarik pengunjung supaya minat untuk mengunjungi museum sebagai refrensi atau mencari hiburan tidak hanya apabila butuh untuk membuat karya ilmiah saja atau studi tour.
Jenis koleksi benda museum di indonesia ini seperti prasejarah, keramik, sejarah, geografi. Penyelamatan dan pelestarian budaya ini pada hakekatnya ditujukan untuk kepentingan masyarakat karena sebagai pelajaran sejarah atau mengenang masa-mas perjuangan dulu dan sekarang untuk anak cucu kita kelak.

0 komentar:

Posting Komentar